Trik Excel : Cara Menggunakan rumus Formula IF (fungsi logika)

Suatu perbandingan dari dua atau lebih argumen, kita bisa menggunakan fungsi logika IF yang ada di MS Excel. Saya coba membuat daftar Nilai Hasil ujian Brevet dimana saya membutuhkan siapa yang memperoleh nilai tertinggi dan siapa yang memperoleh nilai terendah.

Rumus yang saya gunakan adalah menggunakan fungsi logika IF, sebagaimana contoh berikut ini.
Sebelumnya saya akan membuat sheet yang berisi tabel daftar nilai hasil ujian Brevet A. Tabel terdiri dari kolom judul  : NO, Nama Peserta, Nilai dan kolom Prestasi. berikut gambar tabelnya


Selanjutanya pada kolom Prestasi saya akan mengisi data siapa yang memiliki nilai tertinggi dan nilai paling rendah alias paling buncit. Fungsi logika yang saya gunakan adalah :

=IF(C2=MAX($C$2:$C$11),"Nilai tertinggi",IF(C2=MIN($C$2:$C$11),"Nilai Terendah",""))

Maka hasilnya akan terlihat seperti tabel berikut ini :



dari hasil rumus formula dengan menggunakan fungsi IF di atas dapat diuraikan bahwa :

  1. Jika nilai sel C2 merupakan nilai tertinggi dari nilai yang ada di range C2:C11, maka hasilnya "Nilai Tertinggi"
  2. Jika nilai sel C2 merupakan nilai terendah dari nilai yang ada di range C2:C11, maka hasilnya "Nilai Terendah"
  3. Selain itu maka hasilnya kosong.
dengan menggunakan rumus formula IF diatas kita dapat dengan cermat menentukan nilai tertinggi dari peserta Brevet A yang telah selesai.








Anda baru saja selesai membaca Artikel tentang Trik Excel : Cara Menggunakan rumus Formula IF (fungsi logika), Terimakasih Telah membaca Artikel Trik Excel : Cara Menggunakan rumus Formula IF (fungsi logika). Anda boleh menyebar Luaskan atau Share melalui FB, Twiter G+ dan lainnya jika Artikel Trik Excel : Cara Menggunakan rumus Formula IF (fungsi logika) ini sangat bermanfaat bagi anda atau rekan anda, melalui Link Trik Excel : Cara Menggunakan rumus Formula IF (fungsi logika) sebagai Sumbernya.

0 komentar:

Windows Movie Maker

http://googleping.com

Trik dan Tips Excel