Poin-poin penting tentang faktur Pajak yang baru per 1 April 2013

Banyak PKP ingin tau lebih dalam apa saja Yang baru tentang Faktur Pajak Menurut PER-24/PJ/2012. Beberapa poin penting yang wajib WP PKP ketahui dengan berlakunya PER-24/PJ/2012 ini adalah :

 cara penomoran seri faktur pajak yang baru


Perhatian : PER-24/PJ/2012 telah diubah dengan PER-08/PJ/2013 klik disini
  1. Kode dan nomor seri Faktur Pajak terdiri dari 16 (enam belas) digit yaitu: 2 (dua) digit kode transaksi, 1 (satu) digit kode status, dan 13 (tiga belas) digit nomor seri Faktur Pajak.
  2. Nomor seri Faktur Pajak diberikan oleh DJP melalui permohonan dengan instrumen pengaman berupa kode aktivasi dan password.
  3. Identitas Penjual dan Pembeli, terutama alamat harus diisi dengan alamat yang sebenarnya atau sesungguhnya.
  4. Jenis Barang Kena Pajak atau Jasa Kena Pajak harus diisi dengan keterangan yang sebenarnya atau sesungguhnya.
  5. Pemberitahuan PKP/pejabat/pegawai penandatangan Faktur Pajak, harus dilampiri dengan fotokopi kartu identitas yang sah yang dilegalisasi pejabat yang berwenang.
  6. PKP yang tidak menggunakan nomor seri FP dari DJP atau menggunakan nomor seri FP ganda akan menyebabkan Faktur Pajak yang diterbitkan merupakan Faktur Pajak tidak lengkap.
  7. Faktur Pajak tidak lengkap akan menyebabkan PKP Pembeli tidak dapat mengkreditkan sebagai Pajak Masukan dan PKP Penjual dikenakan sanksi sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Hal-hal yang harus diperhatikan PKP adalah sebagai berikut:

  1. Dalam hal terdapat perubahan alamat PKP, sehingga terjadi perbedaan antara alamat yang sebenarnya dengan alamat yang tercantum dalam Surat Pengukuhan PKP, maka PKP harus segera melakukan pemberitahuan update alamat ke KPP tempat PKP terdaftar supaya pada pengiriman surat pemberitahuan kode aktivasi dapat diterima sesuai dengan alamat.
  2. Mempersiapkan alamat surat elektronik (e-mail) untuk korespondensi pemberitahuan e-mail dan surat pemberitahuan kode aktivasi/surat pemberitahuan penolakan kode aktivasi yang kempos.
Untuk mendapatkan nomor seri Faktur Pajak, PKP melakukan langkah-Iangkah sebagai berikut:
  1. Mengajukan surat permohonan kode aktivasi dan password secara tertulls ke KPP tempat PKP terdaftar. 
  2. Surat pemberitahuan kode aktivasi akan dikirimkan lewat pos ke alamat PKP, sedangkan password akan dikirimkan lewat alamat surat elektronik (e-mail).
  3. Mengajukan surat permintaan nomor seri Faktur Pajak ke KPP tempat PKP terdaftar.
  4. Selanjutnya PKP akan mendapatkan surat pemberitahuan nomor seri Faktur Pajak untuk digunakan dalam penomoran Faktur Pajak
Bentuk Formulir permohonan aktivasi dan permohonan Nomor Faktur Pajak ada pada lampiran surat PER-24/PJ/2012 seperti pada gambar dibawah ini. 



nah. sekarang kita lihat bentuk surat permintaan Nomor Seri faktur Pajak seperti gambar dibawah ini :



Nomor seri Faktur Pajak hanya dapat diberikan kepada PKP yang:

  1. Telah dilakukan registrasi ulang PKP sesuai dengan Per-05 dan perubahannya atau telah dilakukan verifikasi dalam rangka pengukuhan PKP.
  2. Telah melakukan update alamat sesuai dengan kondisi yang sebenarnya, apabila terjadi perubahan alamat .
  3. Telah mengajukan surat permohonan kode aktivasi dan password.
  4. Telah menerima surat pemberitahuan kode aktivasi dari KPP .
  5. Telah menerima pemberitahuan password melalui e-mail.
  6. Telah mengajukan surat  permintaan nomor seri faktur pajak.
  7. Telah memasukkan kode aktivasi dan password dengan benar pada saat mengajukan permintaan nomor seri faktur pajak.
  8. Telah menyampaikan SPT masa PPN untuk 3 (tiga) masa pajak terakhir berturut-turut yang telah jatuh tempo pada tanggal surat permohonan nomor seri faktur pajak disampaikan ke KPP.
PKP dapat mengajukan permintaan nomor berdasarkan banyaknya penggunaan nomor yang dikeluarkan PKP 3 bulan sebelumnya dengan penambahan 20% sehingganya jumlahnya 120%.

contoh : Masa jan = 100 faktur , Masa feb = 250 faktur, Masa Mar = 150 faktur maka jumlah nomor faktur maksimal yang diminta 120% x (100+250+150) = 600 nomor faktur.
Jika PKP meminta >600 diberikan maksimal 600
Jika PKP meminta <600 diberikan sejumlah yang diminta.

Untuk  PKP baru dan  PKP yang melaporkan SPT Masa PPN secara manual/hardcopy jumlah maksimal nomor Faktur yang diberikan sebanyak 75.

Kode aktivasi dan password diberikan dalam jangka waktu 3 hari kerja, kemudian setelah itu kode aktivasi akan dikirim lewat pos ke alamat PKP dan password akan dikirim lewat email. Setelah PKP menerima kode aktivasi dan password baru PKP dapat meminta nomor seri Faktur Pajak.

Peraturan ini telah diubah dengan Peraturan Perubahan yaitu PER-08/PJ/2013 silahkan baca perubahan Peraturan PER-24/PJ/2012  dengan diberlakukannya PER-08/PJ/2013

dasar hukum :

  • Pasal 13 UU Nomor 42 TAHUN 2009 (berlaku sejak 1 April 2010) tentang perubahan ketiga atas UU Nomor 8 TAHUN 1983 tentang PPN barang dan jasa dan PPnBM 
  • Pasal 17 s/d 20 PP 1 TAHUN 2012 (berlaku sejak tanggal diundangkan (4 Januari 2012) kecuali mengenai Pasal 19 ayat (1) dan Pasal 20 berlaku sejak tanggal 1 April 2010) tentang Pelaksanaan UU Nomor 8 TAHUN 1983 tentang PPN dan PPnBM sebagaimana telah beberapa kali diubah terakhir dengan UU Nomor 42 TAHUN 2009 tentang perubahan ketiga atas UU Nomor 8 TAHUN 1983 tentang PPN dan PPnBM
  • PMK-84/PMK.03/2012 (berlaku sejak 7 Juni 2012) tentang tata cara  pembuatan dan tata cara pembetulan atau penggantian FP (PMK ini mencabut PMK-38/PMK.03/2010 (berlaku sejak 1 April 2010) tentang tata cara  pembuatan dan tata cara pembetulan atau penggantian FP
  • per-24/PJ/2012 (berlaku sejak 1 April 2013) tentang bentuk, ukuran, prosedur pemberitahuan dalam rangka pembuatan, tata cara pengisian keterangan,  pembetulan atau penggantian, dan pembatalan FP



Anda baru saja selesai membaca Artikel tentang Poin-poin penting tentang faktur Pajak yang baru per 1 April 2013, Terimakasih Telah membaca Artikel Poin-poin penting tentang faktur Pajak yang baru per 1 April 2013. Anda boleh menyebar Luaskan atau Share melalui FB, Twiter G+ dan lainnya jika Artikel Poin-poin penting tentang faktur Pajak yang baru per 1 April 2013 ini sangat bermanfaat bagi anda atau rekan anda, melalui Link Poin-poin penting tentang faktur Pajak yang baru per 1 April 2013 sebagai Sumbernya.

3 komentar:

Trik dan Tips Excel

Ketentuan Umum Perpajakan

Windows Movie Maker

Pajak Pertambahan Nilai

Serba Serbi