Trik Excel : Menggunakan Pivot Tabel dalam Meringkas Data

Tabel pivot bisa anda manfaatkan untuk mengolah data dalam suatu daftar dengan menampilkan kategori yang dibutuhkan. Selain itu, fungsi dari fasilitas ini adalah untuk menentukan kategori dalam ringkasan dan fungsi-fungsi yang digunakan dalam ringkasan. Dalam mengaplikasikan fasilitas ini anda harus mengerti bahwa sebuah pivot tabel terkait dangan sumber datanya. Oleh sebab itu, jika anda hanya mengubah sumber sheet maka tabel pivot tidak akan ikut berubah. Agar sebuah tabel pivot sesuai dengan datanya, maka anda harus melakukan refresh.

Tabel berikut merupakan contoh tampilan kategori yang dibutuhkan


Hal-hal yang perlu anda lakukan sebelum anda menggunakan pivot tabel diantaranya adalah; 
  • Mempersiapkan sumber (source) data yang nantinya akan kita jadikan sebagai sumber membuat data pivot. Pastikan anda sudah mengunpulkan data-data yang anda butuhkan secara lengkap sehingga anda lebih mudah mengerjakan pekerjaan anda.  Misalnya anda ingin membuat laporan terhadap customer mengenai beberapa keluhan terhadap gangguan pelayanan seperi gambar tabel di bawah ini : 
  • Jika semua data telah anda masukkan dalam tabel maka silahkan anda pilih range  daftar dengan menyorot suluruh data dalam kolom kemudian pilih insert >  pivot tabel.
  • Pilihlah tabel yang akan anda buat pivot lalu masukan dalam tabel atau range. Jika semua sudah selesai, anda tinggal memilih di bagian sheet mana hasil pivot tabel  akan diletakkan.  Setelah terpilih silahkan anda pilih new worksheer  untuk memilih sheet baru , seperti contoh berikut;

Untuk mengetahui total gangguan pada setiap divre maka anda harus mencentang field yang akan ditampilkan.  Selanjutnya anda tinggal memasukkan divre pada row tabel. Jika anda menginginkan untuk memindah tabel maka anda harus mengklik  pada field dan pilih menu move to value  atau move to Colum table.  Jika semua sudah anda lakukan dengan benar, maka anda bisa mengetahui total gangguan pada divre.




Sebenarnya ada beberapa versi untuk menggunakan pivot tabel, tapi bagi anda yang  masih belajar menggunakan pivot tabel ini sebaikknya anda fokus dulu dalam satu cara. Jika satu cara ini anda sudah kuasai maka anda tinggal mengembangkannya dengan menggunakan cara yang anda sukai. 
Untuk memudahkan pengerjaan pivot tabel, ada beberapa cara yang mungkin bisa membantu anda ; 
  • Pada awal pembuatan pivot tabel, dialog pada pivot tabel field list akan terletak di sebelah kanan layar. Untuk membantu anda dalam memudahkan pengaturan data pada pivot tabel anda nantinya, maka anda bisa meggeser dialog tersebut ke tengah dengan cara mengklik pada judul dialog dan silahkan anda tarik ke worksheet  agar terlihat mengambang di atas worksheet. 
  • Sedangkan untuk drop zone, anda bisa mengatur bentuk pivot tabel field list dengan mengklik dropdown di bagian atas. Jika anda tidak menemukan pilihan menu yang anda butuhkan, anda bisa menggunakan panah dropdown untuk mengembalikan tampilan  ke field section



Anda baru saja selesai membaca Artikel tentang Trik Excel : Menggunakan Pivot Tabel dalam Meringkas Data, Terimakasih Telah membaca Artikel Trik Excel : Menggunakan Pivot Tabel dalam Meringkas Data. Anda boleh menyebar Luaskan atau Share melalui FB, Twiter G+ dan lainnya jika Artikel Trik Excel : Menggunakan Pivot Tabel dalam Meringkas Data ini sangat bermanfaat bagi anda atau rekan anda, melalui Link Trik Excel : Menggunakan Pivot Tabel dalam Meringkas Data sebagai Sumbernya.

0 komentar:

Trik dan Tips Excel

Ketentuan Umum Perpajakan

Windows Movie Maker

Pajak Pertambahan Nilai

Serba Serbi