Trik Excel : Formula dalam Microsoft Excel untuk Aplikasi

Sebelum kita membahas lebih jauh tentang exel, alangkah baiknya jika kita memahami sedikit tentang apa itu formula Microsoft excel. Formula excel atau bisa juga disebut dengan rumus excel adalah rumus untuk program aplikasi yang bisa anda gunakan untuk menghitung, menganalisa, memproyeksikan dan juga mempresentasikan data. Melalui  rumus excel ini anda bisa memanfaatkannya untuk membuat kolom-kolom, table ataupun grafik. Program ini memang ditujukan untuk memberi kemudahan bagi anda untuk membuat laporan yang berkaitan dengan data.

Formula Microsoft excel ini juga sangat bermanfaat untuk mengolah data dengan menggunakan rumus excel yang relevan. Sebuah rumus dalam excel bisa difungsikan untuk mengoperasikan matematika dan konstanta. Selain itu aplikasi ini juga memiliki fitur kalkulasi dan pembuatan grafik dengan memanfaatkan stategi marketing Microsoft yang agresif sehingga membuat program ini menjadi salah satu aplikasi yang sangat popular di dalam komputer mikro.
-->

Seiring dengan pengakuan masyarakat atas efisiensi program aplikasi ini, maka program ini telah termasuk program spreadsheet yang paling digunakan baik di platform PC yang berbasiskan windows atau bahkan platform machintosh yang berbasis Mc OS. Aplikasi ini merupakan salah satu bagian dari Mocrosoft office system yang saat ini telah dimodifikasi ke dalam versi terakhir yaitu Microsoft office excel 2007 yang telah diintegrasikan ke dalam paket Microsoft office system 2007.

Beberapa contoh hal-hal mudah yang bisa anda aplikasikan pada alat ini adalah ketika anda membuat rencana kebutuhan barang-barang anda. Sedangkan untuk kebutuhan anda yang kompleks seperti pembuatan laporan  keuangan yang harus menampilkan grafik atau pivot tabel, penggunaan fungsi matematis dan beberapa hal-hal yang berkaitan dengan data lainnya. Bagi anda yang masih baru dan belum mengerti betul tentang fungsi-fungsi istilah dalam tampilan Microsoft office excel.
Istilah-istilah yang sering digunakan dalam formula Microsoft excel;


Fungsi -fungsi dari masing-masing istilah;
a. Quick access toolbar : berisi fungsi-fungsi yang sering digunakan.
b. Ribbon tab: berisi mengenai berbagai fungsi utama dalam excel.
c. Office button : berisi fungsi umum dalam excel
d. Maximize : digunakan untuk membesarkan (maximize) dalam ukuran windows excel
e. Minimize : digunakan untuk mengecilkan windows excel
f. Indicator cell active: berfungsi untuk menunjukkan sel yang aktif
g. Close : untuk menutup windows excel
h. Name box : berfungsi untuk menunjukkan sel yang aktif
i. Formula bar : mengandung data atau formula dalam satu sel
j. Scrollbar vertical : menggeser tampilan worksheet dalam bentuk vertical
k. Scrollbar horizontal : menggeser tampilan worksheet dalam bentuk horizontal
l. Sheet tab : beberapa lembar kerja yang terdapat dalam satu workbook (buku kerja)
m. Zoom control : mengatur besar kecil ukuran 
n. Page view button : mengubah tampilan



Anda baru saja selesai membaca Artikel tentang Trik Excel : Formula dalam Microsoft Excel untuk Aplikasi, Terimakasih Telah membaca Artikel Trik Excel : Formula dalam Microsoft Excel untuk Aplikasi. Anda boleh menyebar Luaskan atau Share melalui FB, Twiter G+ dan lainnya jika Artikel Trik Excel : Formula dalam Microsoft Excel untuk Aplikasi ini sangat bermanfaat bagi anda atau rekan anda, melalui Link Trik Excel : Formula dalam Microsoft Excel untuk Aplikasi sebagai Sumbernya.

0 komentar:

Trik dan Tips Excel

Ketentuan Umum Perpajakan

Windows Movie Maker

Pajak Pertambahan Nilai

Serba Serbi